ACM SIGKDD menerbitkan proposal kurikulum data mining (ver. 1.0). Proposal kurikulum ini disusun oleh ACM SIGKDD Curriculum Committee yang anggotanya : Jiawei Han (Chair of the Curriculum Working Group), Soumen Chakrabarti, Martin Ester, Usama Fayyad, Johannes Gehrke, Shinici Morishita, Gregory Piatetsky-Shapiro, and Wei Wang. Proposal ini merupakan contoh kurikulum yang direkomendasikan sebagai kurikulum data mining berdasarkan berbagai masukkan dari para peneliti, pengajar, serta murid data mining.
Pada proposal ini, kurikulum data mining dibagi menjadi 2 yaitu : Foundation dan Advanced topics. Foundation berisi materi-materi yang dipakai dalam pengenalan data mining. Sedangkan, Advanced topics berisi material yang merupakan pengembangan dari materi-materi yang sudah diperkenalkan pada kurikulum Foundation. Proposal ini juga dilengkapi dengan prasyarat (prerequisites) data mining seperti database, statistik, aljabar linear, algoritma dan struktur data. Ada juga tentang proyek-proyek serta aktifitas lab. data mining yang disarankan.
Proposal ini adalah draft awal yang rencananya akan terus dikembangkan seturut dengan perkembangan data mining. Grand design-nya, menurut saya, bukan tidak mungkin bahwa data mining tidak hanya menjadi sebuah course saja, melainkan berkembang menjadi sebuah program studi. Kita lihat saja perkembangannnya.