Ross Quinlan termasuk salah seorang yang terkenal dalam data mining, terutama pada klasifikasi data. Setiap orang yang belajar klasifikasi data pasti tahu orang ini. Beliau memiliki kontribusi yang besar pada pengembangan awal algoritma Decision Tree. Decision Tree merupakan metode data mining yang paling populer dalam hingga saat ini. Berdasarkan polling KDnuggets (http://kdnuggets.com/polls/2006/data_mining_methods.htm) selama dua tahun, Decision Tree adalah metode yang paling banyak digunakan dalam data mining. Bahkan hasilnya mencapai 51.1% pada polling tahun ini.
Algoritma ID3, yang merupakan algoritma awal Decision Tree adalah hasil karya Ross Quilan, dan sampai sekarang algoritma ini terus dikembangkan. Berapa versi pengembangan ID3 adalah C4.5, C5.0, dan CART. Saat ini, Beliau terus mengembangkan tool data mining di RuleQuest, perusahaan data mining yang didirikannya.

Update 2006: Algoritma C4.5 berada pada urutan teratas top 10 algorithm in data mining yang dipresentasikan pada IEEE ICDM 2006.

Update 1 Oktober 2007: Dr. Ross Quinlan menerima penghargaan IEEE ICDM Research Contribution Award 2007. Selamat buat Dr. Ross Quinlan.

Referensi:
1. Ross Quilan. http://www.rulequest.com/Personal/
2. RuleQuest Research Data Mining Tools. http://www.rulequest.com/
3. KDnuggets Poll: Data Mining Methods. http://kdnuggets.com/polls/2006/data_mining_methods.htm