Setelah beberapa waktu posting blog ini berhenti karena ada beberapa pekerjaan yang harus saya selesaikan, saya akan memulai kembali posting blog ini dengan sebuah sharing singkat.
Survey papers —- seperti judul posting ini, merupakan jenis paper yang sangat berguna untuk mengeksplorasi sebuah topic baru di mana kita sama sekali belum tahu apa saja yang dapat dilakukan pada topic tersebut. Dari paper-paper seperti ini, kita dapat mengetahui permasalahan, perkembangan, dan bahkan future research direction sebuah topic. Benar-benar dapat membuka wawasan untuk mengenal sebuah topic.
Biasanya ciri-ciri paper semacam ini adalah banyak memberikan gambaran singkat tentang apa (umumnya research, solved problem) yang telah dilakukan berikut dengan point-point penekanan dari keunggulan atau pendekatan yang digunakan. Menurut saya sih, dapat dibilang paper semacam ini dapat dijadikan guideline kita yang ingin mendalami sebuah topic dimana kita sama sekali awam dan tidak tahu harus mulai dari mana. Satu hal lagi yang saya suka dari survey paper adalah banyaknya referensi yang bisa ditarik dari paper ini.
Dimana paper-paper seperti ini dapat ditemukan? banyak sekali. Search di google pasti banyak. Umumnya paper-paper ini memang dipublikasikan agar semakin banyak orang yang concern dengan bidang tersebut. Salah satu lain sumber (yang berhubungan dengan data mining) yang bisa saya rekomendasikan adalah SIGKDD Explorations. Beberapa survey paper yang saya baca berasal dari sini. Tiap issue ada special topic yang jadi fokus perhatian.