Salah satu penghargaan yang diberikan ACM SIGKDD setiap tahunnya adalah ACM SIGKDD Innovation Award. Penghargaan ini akan diberikan pada konferensi internasional KDD setiap tahunnya (tahun ini, KDD 2006 pada tanggal 20-23 Agustus 2006). Dan, tahun ini yang akan menerima ACM SIGKDD Innovation Award adalah Ramakrishnan Srikant.
Ramakrishnan Srikant saat ini merupakan research scientist di Google, sebelumnya IBM Almaden Research Center. Hasil publikasinya yang paling terkenal adalah “Fast Algorithms for Mining Association Rules” bersama Rakesh Agrawal yang memperkenalkan konsep Apriori untuk association rule (memperoleh penghargaan 10-year best paper award tahun 2004). Beliau banyak memberikan kontribusi pada permasalahan association rules, sequential pattern, dan privacy-preserving data mining.
Banyak orang yang menganggap bahwa data mining dan privacy saling bertolak belakang, dan satu-satunya cara untuk melindungi privacy adalah dengan membatasi penggunaan data mining. Ramakrishnan Srikant dengan cerdik mengatasi asumsi ini dengan mengembangkan teknik privacy-preserving data mining yang bekerja dengan membedakan antara data pada level privacy (data individual) dengan data pada level yang lebih tinggi yang digunakan untuk mining.
Beliau pernah menerima outstanding innovation award (IBM), 2 outstanding technical achievement award (IBM), IBM master inventor tahun 1999, dan ACM Grace Murray Hopper Award tahun 2002 sebagai outstanding young computer professional. Beliau juga terlibat sangat aktif pada beberapa konferensi internasional. Pernah menjadi program co-chair KDD 2001 dan PAKDD 2004, vice chair WWW 2006 dan ICDM 2004, dan deputy chair WWW 2004, tutorials chair KDD 2003, dan industrial track co-chair PAKDD 2003.

Referensi :
1. Srikant’s Home Page. http://www.rsrikant.com/