IEEE ICDM 2006, salah satu konferensi internasional data mining terbesar yang akan berlangsung akhir tahun ini, memberikan penghargaan 2006 IEEE ICDM Research Contribution Award kepada Prof. Christos Faloutsos. Penghargaan ini diberikan atas kontribusinya di bidang data mining .
Prof. Christos Faloutsos adalah Profesor dari CMU (Carnegie Mellon University). Kontribusi risetnya dalam bidang data mining sangat besar, terutama dalam mining dan indexing untuk data stream dan graph, mining temporal dan data video. Beberapa paper beliau merupakan paper berpengaruh yang banyak sekali dikutip. Saat penghargaan ini diumumkan, papernya tentang time series yang memperoleh best paper award di SIGMOD 1994 telah dikutip sebanyak 582 kali. Papernya tentang QBIC (query by image content) di SPIE’93 telah dikutip lebih dari 1000 kali. Paper-paper tersebut kemudian memunculkan metodologi GEMINI untuk pencarian database multimedia dan time series yang umum digunakan pada area ini.
Di bidang graph mining, Prof. Faloutsos menemukan power law dalam real graph terutama dalam topologi internet yang membawa banyak perubahan di bidang ini. Papernya tentang hal ini di SIGCOMM’99 (On Power-Law Relationships of the Internet Topology) yang kemudian dikenal dengan “Faloutsos cubed paper” karena bersama dengan kedua saudaranya telah dikutip lebih dari 1000 kali, dan menjadi paper yang paling banyak dikutip urutan kelima tahun 1999 berdasarkan Citeseer.
Beliau juga telah banyak menerima penghargaan seperti Presidential Young Investigator Award dari National Science Foundation tahun 1989, VLDB 10 Years paper Award tahun 1997 (papernya tentang R+ Tree), delapan best paper award, dan beberapa teaching award. Beliau juga merupakan executive committee ACM SIGKDD. Publikasi sangat banyak termasuk 11 book chapter, 20 tutorial, dan 10 distinguish invited lectures.
Selamat buat Prof. Christos Faloutsos !
Melihat biografi Beliau, sangat menarik dan inspiratif. R+ Tree merupakan teknik indexing yang umum dipakai dalam database spatial. Penemuannya tentang Power-Law akan banyak digunakan dalam graph dan aplikasinya. Kita tahu bahwa aplikasi graph ini sangat banyak seperti social network analysis, food web network, dan biological network (ingat, bioinformatika adalah bidang yang diramalkan sebentar lagi akan booming). Dan, yang paling menarik bagi saya adalah Fractal. Hal ini menarik karena Beliau meneliti fractal dan self-similarity untuk data mining. Beberapa invited lecture Beliau berbicara tentang fractal dan power law sebagai advaced data mining tools. Wawancara menarik dengan Christos Faloutsos pada ACM SIGMOD record Desember 2005 dapat dilihat pada referensi nomer 3.

Reference:
1. Christos Faloutsos. http://www.cs.cmu.edu/~christos/
2. 2006 IEEE ICDM Research Contribution Award: Prof. Christos Faloutsos. http://www.cs.uvm.edu/~icdm/awards/Faloutsos-06.shtml
3. Christos Faloutsos speaks out on Power Laws, Fractals, the Future of Data Mining, Sabbaticals, and more. http://www.cs.cmu.edu/~christos/IN-THE-NEWS/p85-column-winslett.pdf