Sangat sulit menemukan proyek-proyek data mining di Indonesia. Hingga saat ini saya belum menemukan proyek-proyek di Indonesia, baik akademis maupun industri, walaupun saya tahu banyak juga orang-orang yang concern dan sedang meneliti data mining di Indonesia. Jika di luar negeri, proyek-proyek data mining sangat mudah ditemui dari homepage pribadi masing-masing peneliti. Mereka selalu memiliki tema proyek yang selalu dikerjakan dalam jangka waktu tertentu, dan hasilnya dapat dilihat dari publikasi-publikasinya maupun hak paten yang diperoleh.
Dulu pertanyaan ini pernah saya lontarkan di milis data mining Indonesia (indo-dm), namun saya belum mendapatkan informasi yang jelas tentang hal ini. Yang saya tahu, Telkom menerapkan data mining untuk profiling customer dan fraud detection. Astra juga menggunakan Fair Issac untuk melakukan scoring customer. Dan, sepertinya di ITB juga terdapat proyek yang berhubungan dengan data mining (mohon koreksi jika saya salah). Saya tidak tahu proyek-proyek yang lain.
Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan email dari kmining (www.kmining.com) yang meminta saya membantu mereka untuk mendaftarkan orang-orang yang aktif di data mining. Mereka agak bingung karena dari banyaknya jumlah universitas dan penduduk yang ada di Indonesia, mereka hanya dapat menemukan satu orang saja. Anda bisa lihat pada list people kmining, Indonesia hanya ada satu saja. Semoga setelah ini akan semakin banyak orang Indonesia yang terdaftar di sana.
Bagi siapa saja yang memilki atau sedang terlibat pada suatu proyek data mining, Anda dapat memperkenalkannya di sini. Anda bisa sebutkan proyek seperti apa yang Anda kerjakan, dan jika ada linknya juga dapat Anda sertakan. Silahkan, kita bisa saling berbagi di sini.