Kesulitan mencari resource (atau sumber atau referensi)…..
Hal itu sering saya dengar, umumnya teman-teman mahasiswa, terutama yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Banyak dari mereka sangat sulit mendapatkan referensi tentang hal-hal yang mereka pelajari. Padahal mereka mendapatkan saran search pakai Google (atau search engine yang lain).
Umumnya orang kesulitan mencari resource karena mereka memang tidak tahu apa yang mereka cari. Keyword adalah salah satu hal yang penting. Lewat kata-kata kunci tersebut hasil pencarian dengan menggunakan search engine akan memberikan hasil yang lebih spesifik, tentunya akan mempertajam lingkup pencarian. Selain kata kunci yang tepat, ada beberapa cara yang biasanya saya gunakan dalam pencarian resource.
“Berguru pada ahlinya”, mungkin dapat dikatakan seperti itu. Salah satu cara yang baik untuk mencari resource adalah lebih dekat dengan para pakarnya. Search nama pakar tersebut untuk memperoleh homepage mereka. Cara ini sangat efektif, selain Anda dapat memperoleh resource dari orang tersebut, Anda juga sangat mungkin memperoleh resource-resource lain dari orang-orang yang pernah bekerjasama dengan orang tersebut. Dan, umumnya orang komputer selalu mempublikasikan karya-karya mereka pada homepage pribadinya. Dari sini kita juga dapat kontak orang tersebut, berdiskusi seputar penelitian mereka. Saya yakin orang-orang seperti mereka tidak pelit berbagi pengetahuan.
Bagaimana kita bisa memperoleh nama-nama pakar tersebut??
Anda bisa memperolehnya dari berbagai sumber. Yang paling sering saya gunakan adalah dari references survey paper (baca posting: Survey papers – eksplorasi awal sebuah topic) dan paper research. Dari sebuah paper kita bisa memperoleh banyak sumber, banyak nama. Tinggal jelajahi aja satu per satu.

Terima kasih kepada Bapak Gunawan, dosen saya waktu kuliah atas tips yang membuat pencarian resource menjadi menyenangkan