Akhirnya ada sedikit waktu untuk posting di blog lagi.
Menyambung posting sebelumnya, kali ini saya akan sedikit share tentang ketertarikan saya dengan data mining.

Terima kasih sebelumnya buat pak Gun yang telah menularkan sedikit ilmunya, dan Prof Jiawei Han untuk bukunya yang membuat saya sedikit addicted dengan bidang ini.

Satu hal yang pasti bahwa saya belajar banyak hal, terutama berkaitan dengan jenis-jenis data dan karakteristiknya serta problem-problem yang dihadapi untuk mengolah jenis data tersebut. Selain itu, aplikasi data mining pada real-world problems membuat saya juga mengetahui perkembangan berbagai macam ilmu, misalnya: bioinformatika, kedokteran, literatur, web, genetika, dan lain-lain. Sangat menarik!!!
Kemudian, salah satu hal yang cukup istimewa dari data mining adalah posisi disiplin ilmunya yang merupakan irisan banyak bidang ilmu lain seperti kecerdasan buatan, information retrieval, statistik, database, machine learning, visualisasi. Ini membuat saya juga mengenal banyak hal setiap kali membaca hal-hal yang berkaitan dengan data mining.
Nah, kalo dikaitkan dengan penggunaannya. Data mining dapat diaplikasikan pada banyak bidang. Saya juga banyak mengenal orang di luar computer science yang mempelajari data mining.
Sebagai salah satu bidang yang lagi hot saat ini di dunia computer science, saya merasa bahwa data mining akan menjadi sangat penting pada tahun-tahun mendatang. Saat semua data dapat dengan mudahnya disimpan dan dibuat, peranan data mining akan menjadi sangat penting untuk dapat mencari hal-hal penting yang tersembunyi di dalamnya. Yang jelas, saat ini kita mulai kebanjiran data, dan hingga saat ini belum ada yang dapat mengolah semuanya dengan sangat baik.