Beberapa hari yang lalu, saya mendengarkan seminar yang dibawakan oleh Prof. Jiawei Han. Merupakan suatu keberuntungan bagi saya bisa mendengarkan seminar ini. Salah satu hal yang saya salut dengan Prof. Han ini adalah kemampuan menyampaikan ide dengan cara yang mudah dimengerti. Filosofi dari algoritma yang dibawakan disampaikan dengan cara yang sangat mudah dipahami. Satu hal lagi, beliau juga sangat pintar mempromosikan mahasiswa phd bimbingannya.

Seminar yang dibawakan saat itu adalah tentang mining heterogeneous information network. Mengapa? Alasannya sangat sederhana. Hampir semua real network adalah heterogeneous network, dan homogeneous network umumnya merupakan bagian dari heterogeneous network. Knowledge yang akan diekstraksi dari network ini tersembunyi dalam link-link yang saling menghubungkan object dalam network ini.

Ada dua task yang penting yang diperlukan untuk memperoleh informasi dari network ini: ranking dan clustering. Pada umumnya, orang menganggap dua task tersebut adalah dua task yang berbeda. Algoritma RankClus yang dijelaskan beliau menggabungkan ranking dan clustering menjadi satu. Cluster yang baik akan memberikan hasil ranking yang baik, dan ranking yang baik akan mendorong mengelompokkan cluster yang lebih baik. Proses ini saling bersinergi memberikan hasil yang baik. Selain RankClus, beliau juga menjelaskan algoritma NetClus.