Beberapa minggu belakangan, saya mendapatkan link dan berita yang sangat mencengangkan dari Cina.

Cina merupakan salah satu negara dengan perkembangan teknologi tercepat di dunia, bahkan sampai ada yang bilang semua hal yang muncul di TechCrunch bisa ditemukan di Cina dalam suatu bentuk tertentu.

Berikut ini tiga berita berkaitan dengan teknologi di Cina yang mencengangkan:

  1. Superkomputer tercepat di dunia ada di Cina
    Sejak bulan lalu, superkomputer bernama  Tianhe-1 (天河一號) yang dikembangkan di National Supercomputing Center in Tianjin ditahbiskan menjadi superkomputer tercepat di dunia mengalahkan pemegang superkomputer tercepat Jaguar dari Oak Ridge National Laboratory di Amerika Serikat. Tidak hanya itu, berdasarkan daftar TOP500, peringkat 1 dan 3 dipegang oleh superkomputer di Cina. Peringkat 3 dipegang oleh superkomputer bernama Nebulae (星雲).
    Link wikipedia: Tianhe-1, Nebulae
  2. Pembangunan sebuah hotel 15 lantai di Cina yang hanya memakan waktu seminggu
    Berita kedua ini mungkin berkaitan dengan teknik sipil tentang pembangunan Ark Hotel di propinsi Hunan, Cina. Menurut orang awam di bidang teknik sipil seperti saya ini, hal ini sangat fenomenal. Kalau orang komputer melihatnya sebagai optimasi scheduling yang luar biasa. Dalam benak saya, dalam seminggu mereka dapat menciptakan tempat tinggal untuk satu kelurahan. Bayangkan saya jika kecepatan pembangunan gedung bertingkat seperti ini, berapa banyak gedung yang akan muncul dalam setahun. Tidak hanya itu gedung ini sudah dilengkapi level 9 earthquake resistance, 6x less material, 5x energy efficient, 20x purification for fresh air, 1% construction waste. Mereka menyebutnya sustainable building.
  3. Perencanaan China Straddling Bus
    Walaupun berita yang ketiga ini masih dalam tahap perencanaan, tetapi inovasi yang dilakukan sangat luar biasa. Desain transportasi ini benar-benar memanfaatkan banyak teknologi tingkat tinggi dalam penerapannya.

    Terjemahan video ini dalam bahasa inggris dapat dilihat di sini.

Marilah kita juga meningkatkan kecepatan dan produktivitas kita masing-masing agar kita juga bisa lebih maju dari mereka.